...Informasi Macet Terdepan...

Hari Bebas Kendaraan Bermotor (15/11) di Kota Tua


Hari Bebas Kendaraan Bermotor (15/11) di Kota Tua   



Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Barat akan menggelar kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di kawasan Kota Tua, Minggu (15/11) mendatang.

Bahkan acara yang dikenal dengan sebutan car free day itu juga dimeriahkan panggung kesenian dan aksi simpatik 50 ribu stiker imbauan dilarang merokok. Rencananya, acara tersebut akan dibuka Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo.

Seluruh kegiatan akan dipusatkan di kawasan Kota Tua, tepatnya di Halaman Museum Sejarah Jakarta (Fatahillah). Diperkirakan ribuan orang akan tumpah ruah memadati kawasan Kota Tua dari pagi hingga malam hari.

Berbagai rangkaian acara yang akan digelar diharapkan memberikan warna berbeda dari kegiatan-kegiatan yang pernah dilaksanakan sebelumnya. "Kalau dulu kegiatan HBKB hanya kegiatan untuk membebaskan dari kendaraan bermotor. Namun kali ini dipadukan dengan panggung seni dan aksi simpatik imbauan dilarang merokok. Kegiatan tersebut diharapkan bisa lebih menarik perhatian masyarakat dan meriah," ujar Djoko Ramadhan, Walikota Jakarta Barat, Rabu (11/11).

Rencananya, HBKB akan dimulai pukul 06.00 hingga 12.00. Selama kegiatan berlangsung, akses jalan menuju kawasan Kota Tua akan ditutup untuk kendaraan bermotor. Bahkan beberapa ruas jalan akan dijaga petugas gabungan dari kepolisian, Sudin Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja. Ruas jalan yang ditutup adalah, Jl Kalibesar Utara, Jl Kalibesar Timur, Jl Kalibesar Barat, Jl Kopi, dan Jl Poskota.

Untuk menghindari terjadinya kemacetan lalu lintas, arus lalu lintas akan dialihkan petugas. Diantaranya adalah kendaraan dari arah Jl Mangga Dua dan Jl Gajah Mada dialihkan ke arah Bandengan melalui Jl Kopi. Kemudian, dari arah Jembatan Lima dan Gedong Panjang juga dialihkan ke Jl Kopi. Selain itu, dari Jl Kunir sisi Utara hanya untuk angkutan umum, sedangkan bagi kendaraan pribadi dilarang melintas. "Petugas akan menutup beberapa ruas jalan dan mengalihkan arus lalu lintas untuk menghindari kemacetan," jelasnya.

Selama HBKB berlangsung, masyarakat dapat memanfaatkannya dengan melakukan berbagai kegiatan. Seperti senam massal, futsal jalanan, atraksi kesenian dan sebagainya. Rencananya, konvoi pengendara sepeda onthel juga akan turut menyemarakkan HBKB ini.


Sumber: Berita Jakarta